Punya Laptop Lenovo? Kalibrasi Bateraimu Secara Otomatis dengan Energy Management


Pernah merasa kenapa charge di suatu persen lama sekali? Seperti dari 90% ke 100% memakan waktu hampir 30 menit? padahal dari 5% ke 89% hanya 1 jam. Atau pernah mencoba menghidupkan kembali laptop kita saat sudah critical low, tapi pas dihidupkan ternyata masih ada 20%? Jangan terlebih dahulu menganggap baterai kamu rusak. Mungkin saja Windows kamu tidak sinkron dengan laporan firmware di baterai kamu. Nah, tujuan kalibrasi ini adalah meluruskan kembali laporan firmware baterai dengan Windows agar Windows bisa memprediksi kapasitas baterai secara akurat.

Biasanya proses kalibrasi dilakukan manual. Dengan cara charge laptop sampai penuh, lalu di cabut sampai benar-benar habis, dan diisi kembali hingga penuh. Tapi tahukah anda bahwa laptop Lenovo memiliki software dan ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) tersendiri untuk melakukan kontrol daya dan juga kalibrasi otomatis hanya dengan melakukan klik. Yang diperlukan hanya mencolokkan charger ke laptop anda, dan dengan beberapa klik, kita tinggal menunggu hasilnya tanpa harus melakukannya secara manual. Disini penulis akan memberikan tutorialnya.

Laptop yang digunakan : Lenovo G470 - Windows 10 Enterprise 15063.608

Silahkan cari Lenovo Energy Management sesuai dengan model laptop kalian disini

Silihkan pilih Lenovo Energy Management minimal untul versi Windows 7. Disini penulis menggunakan versi Windows 8.




 Yap langsung ke Tutorialnya :

1. Install seperti biasa. Setelah selesai install, harus melakukan restart untuk memasang driver ACPI-nya. 
 

2. Kita buka Lenovo Energy Management dari taskbar. Cukup dengan 1 kali klik.


3. Akan muncul Lenovo Energy Management


4. Lalu klik tombol yang tengah pada bagian Battery


5. Lalu kita tekan tombol start. Selama proses kalibrasi, harap jangan menggunakan laptop atau pun mencabut charger-nya. jika ingin menggunakannya sambil kalibrasi, jangan menggunakan program yang berat seperti game ataupun rendering.



6. Diamkan selama beberapa jam sampai proses kalibrasi selesai.


Sangat mudah bukan?

Penulis sebenarnya ingin menunjukkan bukti real hasil kalibrasi melalui wear level. Pada saat sebelum kalibrasi, wear level laptop penulis 22%. Sesudah kalibrasi menjadi 8%, Tapi penulis lupa untuk mengambil  screenshot saat masih di 22%. Sebagai penggantinya, penulis punya screenshot beberapa minggu lalu yang wear level berada pada 11%

Sebelum kalibrasi :

 
Sesudah kalibrasi :


Satu hal yang ingin penulis luruskan, kalibrasi tidak menurunkan wear level. tetapi membenarkan laporan Windows tentang baterai sesuai laporan firmware baterai? apakah ada perbedaan lain selain meluruskan persentase baterai? Hm... buat penulis tidak. Karena penulis memiliki performa baterai yang sama sesudah maupun sebelum kalibrasi. Hanya saja dengan kalibrasi persentas baterai jadi lebih akurat.

Sekian dari penulis :)

fb.com/hasel17

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »