Mengenal "Random hardware addresses" di Windows 10



Koneksi ke sebuah jaringan Internet memang sudah menjadi kebutuhan primer saat ini, baik melalui handphone selluler, thetering ataupun Wi-Fi pribadi atau saat di luar mungkin Wifi.id ataupun Wi-Fi sekolah. Namun terkadang bagi kita kurang memperhatikan jaringan Publik yang terkoneksi di PC kita secured atau tidak, misalkan Free Wi-Fi di Bandara. Apalagi jika website yang kita kunjungi atau di akses belum mendukung HTTPS, maka sebagian data pribadi seperti password atau nomor kartu kredit mungkin bisa di lihat oleh orang lain, tapi fokus bahasan kita bukan di sini.

Saat kita tersambung ke jaringan Publik seperti Free Wi-Fi di Bandara, Cafe atau kedai kopi, mungkin di situ juga aktivitas kita di pantau orang lain. Maka kurang aman juga bagi kita apalagi jika website yang kita kunjungi belum mendukung HTTPS, akan tapi sekarang social media seperti Facebook, Twitter atau Google telah mendukung HTTPS, jadi kita tetap aman mengakses di Free Wi-Fi. tentu, saran kami selalu pastikan web sensitif yang di akses, pastikan sudah medukung HTTPS jadinya akses kita terenkripsi. di bawah ini adalah contoh saat mengunjungi situs yang sudah support HTTPS.


Setelah semua di pastikan Oke, mungkin kita lupa sedikit fitur yang sebenarnya sangat berguna, tapi mungkin masih jarang yang tahu, yaitu "Random hardware addresses" yang hanya ada di OS terbaru Microsoft yaitu Windows 10.

Hardware adressess atau yg sering di kenal MAC Address adalah sebuah alamat unik untuk mengidentifikasi perangkat jaringan yang kita pakai. Setiap perangkat yang bisa terhubung melalui jaringan, pasti mempunyai MAC Address dan ketika sebuah perangkat yang tersambung saat itu juga MAC Address akan tampak di Router. Ini fokus bahasan kita pada post ini.

Fitur "Random hardware addresses" pada Windows 10 adalah berfungsi untuk mengacak MAC Address kita agar susah di lacak oleh orang lain. Ini mungkin sangat berguna bagi kita yang sering nongkrong di Public Free Wi-Fi agar perangkat kita tetap aman. Tapi jangan gunakan saat terkoneksi Wifi.id karena memang satu voucher Wifi.id hanya untuk satu login dan satu MAC Address. Jadi, jika MAC Address kita ganti maka koneksi ke Wifi.id akan terputus.

Sebenarnya jangan terlalu khawatir tentang MAC Address, santai saja. Sebagai pengguna awam seperti kita anggap aja ini fitur biasa-biasa saja. Mungkin saja fitur ini yang di inginkan oleh kebanyakan Insider dan tingkat Vote yang tinggi di Feedback Hub, sehingga Microsoft merealisasikan fitur ini. Tampaknya fitur ini sangat bermanfaat untuk pengguna tingkat lanjut.

Overall, keep calm dan tetaplah beraktivitas seperti biasa. Xd






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »