Mempertimbangkan Kembali G Drive for Windows (Unofficial)

g-drive-for-windows

Di era yang modern ini, pasti kita sudah tidak asing lagi istilah cloud computing atau komputasi awan. Banyak layanan cloud computing saat ini. Yang kita sering pakai diantaranya cloud storage misalnya Google Drive, Onedrive, DropBox, dan masih banyak lagi. Bahkan mungkin diantara kita ada yang tidak menyadari bahwa punya akun cloud storage, misalnya Google Drive yang akan di bahas di Editorial kali ini.

Google Drive merupakan salah satu cloud storage besutan Google, Inc yang menyediakan sebesar 15 GB untuk kapasitas gratisnya. Saat kita mendaftar Gmail maka otomatis juga mendapatkan ruang Google Drive tersebut dan sebenarnya banyak sekali layanan yang bisa di akses dengan cukup satu akun Gmail saja. Untuk mendapatkan kapasitas lebih biasanya harus membayar lebih perbulannya.

Salah satu kemudahan mengakses Google Drive selain via Browser adalah menggunakan sebuah aplikasi Official dari Google maupun aplikasi pihak ketiga. G Drive for Windows merupakan salah satu Unofficial client Google Drive untuk Windows 10 sebagai UWP App. Adapun perangkat yang di support diantaranya PC, Mobile dan Holoraphic. Sepertinya masih baru rilis karena di Bursa Windows masih menyandang predikat Alpha, Iya masih Alpha dan belum sampai Beta. Ini sungguh awal yang bagus untuk App yang baru nongkrong di Bursa karena sudah mempunyai fitur-fitur utama seperti yang di akses via Browser. Semoga kedepan semakin lebih baik dan tentunya di tambah fitur-fitur baru seperti fitur yang ada jika di akses via Browser.

Kedengarannya agak seram kalau terdapat sebutan Unofficial App karena bukan Offical App dari penyedia layanan itu sendiri, apalagi bagi yang sangat memperhatikan privacy data. Itu karena mungkin Anda bukan pengguna perangkat, khususnya smartphone yang merasakan minimnya aplikasi yang bersarang di Bursa seperti Windows 10 Mobile atau Windows Phone. Kalau bagi saya pribadi, walaupun unofficial atau dari pihak ketiga khususnya kalau sudah ada di Bursa Windows kemungkinan sudah aman. Artinya pengembang pastinya tetap menjaga privasi pengguna. Tetapi kembali ke pengguna masing-masing.

Sebenarnya ada banyak client Google Drive di Bursa Windows, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Kebanyakan aplikasi yang gratis mempunyai fitur yang terbatas, misalnya hanya bisa di pakai hanya dengan satu akun Google Drive dan harus membeli Full Version untuk bisa menggunakan semua fitur dari aplikasi. Ini sungguh miris karena tidak ada satupun produk dari Google yang bersarang di Bursa Windows sampai saat ini. Semoga Google menyadari hal ini.

Walaupun G Drive for Windows masih baru dan gratis, setidaknya ini yang terbaik karena sudah bisa di pakai dengan banyak akun dan semoga selalu gratis dan bebas iklan kedepannya. Silakan beri rating yang tinggi di Bursa agar sang pengembang lebih semangat dalam mengerjakannya. Hargailah pengembang dengan cara memanfaatkannya dan memberi rating yang baik. Jika Anda seorang pengembang, pastinya merasakan betapa pusingnya mengerjakan sebuah aplikasi.

So, Kembali ke masing-masing pengguna.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »