Cara Mengecek Kesehatan Hardisk (HDD) dari Bad Sector

Siapa yang tidak kenal lagi dengan Hardisk/HDD?, pasti semuanya sudah kenal yang namanya Hardisk. "Diska keras (bahasa Inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Diska keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Diska keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Diska keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar diska keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.
Data yang disimpan dalam diska keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik (yakni: “tak gabar”, “mantap” atau non-volatile). Dalam sebuah diska keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

Dalam perkembangannya kini diska keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Diska keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire." Sumber:Wikipedia
Setelah basi-basi dengan HDD. Kali ini Saya akan memberikan Tutorial Cara Mengecek HDD Dari Bad Sector dengan simple dan tanpa software dari luar di Windows 10. Oke langsung aja kita coba :v

- Pertama Anda buka dulu CMD/Command Prompt dengan Run As Admin, caranya dengan menekan tombol "WindowsKey + X" yang ada di keyboard Anda secara bersamaan dan klik "Command Prompt (Admin)". Jika Anda benar melakukan cara tersebut maka akan tampilan menu seperti gambar di bawah ini.



- Jika Sudah Membuka CMD/Command Prompt Anda tinggal mengetik perintah sebagai berikut : "CHKDSK" (tanpa tanda petik) dan kemudian Anda menekan tombol enter yang ada di keyboard Anda, Lalu tunggu hingga proses pengecekan selasai.


- Jika proses pengecekan sudah selesai Anda akan melihat tulisan yang dikolom seperti gambar di bawah ini, Apabila di kalimat Bad Sector ada menunjukkan nilai diatas 1KB berarti Hardisk Anda kemungkinan sudah terkena Bad Sector dan apabila hasil menunjukan 0KB berarti Hardsik Anda masih dalam kondisi sehat.


Demikian Tutorial yang Saya berikan semoga bisa membantu Anda dalam mengecek kendisi kesehatan Hardsik Anda :D

Sampai Jumpa dengan Tutorial, Tips, Trik dan lain-lain yang lebih menarik lagi :D

NB :
Apabila masih ada kebingungan silakan Anda berkomentar di bawah ini dan Saya mohon maaf bila ada kata maupun kalimat yang tidak mudah di mengerti :)


Oh yah jangan lupa follow Facebook dan Instagram saya. Sampai jumpaa 🙂😄😎👋

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »