Kontrol Semua Program yang akan Jalan Saat Komputermu Dihidupkan dengan Autoruns 13.71


Sempat kesal dengan program yang selalu jalan saat komputer kita dihidupkan? Bahkan setelah kita hapus programnya dari Start-up di Task Manager dan CCleaner, tapi masih jalan. Ya, ternyata terdapat bagian registry lainnya digunakan untuk menjalankan task saat komputer kita dihidupkan dan tidak terlihat di Task Manager. Autoruns membantu kita melihat dan mengontrol task itu. Bahkan kita bisa melihat task untuk Internet Explorer, Office, Service, Driver dan lain-lain yang jalan saat komputer kita dihidupkan.

Download Autoruns 13.71 disini

Langsung saja ke tutorial :

1. Ekstrak "[Win10Com.id]Autoruns 13.71.rar"




2. Jalankan Autoruns sesuai arsitektur PC anda. Disini penulis memakai Windows 10 64-Bit, jadi penulis menjalankan "Autoruns64.exe". Jangan lupa "Run as administrator" agar Autoruns mendapatkan akses untuk memodifikasi task.



3. Jendela Autoruns pun akan muncul. Dan akan muncul semua task yang akan jalan ketika komputer kita dihidupkan. Disini penulis akan menghapus menu context dari Recuva yang berada di  HKLM\Software\Classes\Directory\ShellEx\ContextMenuHandlers. Jadi klik kanan RecuvaShellExt, pilih "Delete"



Lalu pilih "Yes"



Sangat mudah bukan? Perlu diingat berhati-hatilah saat menghapus task. Bila bingung/ragu apa saja yang mau dihapus, silahkan baca deskripsi dari task tersebut, mencari nama tasknya di Google dan lihat apa fungsinya, atau silahkan tanya ke grup Windows 10 Community.  Autoruns pun sudah memberi fasilitas untuk verifikasi image, cek di VirusTotal, cek di Process Explorer, dan cari online task yang ingin kita kontrol/hapus.

Jika ada pertanyaan silahkan mulai diskusi di grup Facebook Windows 10 Community
Sekian.

Bagas Fabian Maulana : fb.com/hasel17

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »