Mengatasi Error pada saat Menginstall .Net Framework 4.7


Kita pasti ga asing sama perangkat lunak yang satu ini?. Iya .Net framework besutan microsoft ini adalah sebuah kerangka kerja yang pada umumnya digunakan di lingkup sistem operasi pada Windows yang pada dasarnya dapat menjalankan atau mengeksekusi perintah lintas bahasa pemrograman bahkan diluar OS tersebut (seperti halnya linux, dan Os X kita pasti ga asing sama porting Wine kalo berbicara yg satu ini). Jadi dengan .NET bukan cuma menjalankan atau membuild program dalam dekstop ya tetapi juga bisa web (seperti ASP .NET).


Dikutip dari Wikipedia :

Microsoft .NET Framework (dibaca Microsoft Dot Net Framework) atau lebih dikenal dengan singkatan dot net (tidak berhubungan dengan domain .net) merupakan sebuah perangkat lunak kerangka kerja yang berjalan utamanya pada sistem operasi Microsoft Windows, saat ini .NET Framework umumnya telah terintegrasi dalam distribusi standar Windows (mulai dari Windows Server 2003 dan versi-versi Windows yang lebih baru). Kerangka kerja ini menyediakan sejumlah besar pustaka pemrograman komputer dan mendukung beberapa bahasa pemrograman serta interoperabilitas yang baik sehingga memungkinkan bahasa-bahasa tersebut berfungsi satu dengan lain dalam pengembangan sistem.

Nah balik lagi nih kepermasalahannya, disaat lagi install software favorite ada yang namanya min required sistem yang harus terinstall .Net Framework 4 keatas (karena masih bnyak yg make windows selain 10). ehh malah gabisa dan muncul error yg aga sulit karena ga disertai kode error terkadang 😅.
Apalagi banyak loh yang perlahan bukan cuma yang tadinya versi 4.0 / 4.5 bahkan sampai ada yang cuma support hanya .Net framework 4.7 (yang hanya terinstall pada windows 10 Creators Update) 😆.


Lalu bagaimana sih cara ngatasinya?


yah disini  akan dibahas sebagian besar yang bakal mengalami jenis error yang saya jelaskan dibawah :

  • Mengatasi error yang disebabkan komponen missing d3dcompiler 


Pada saat Kalian menginstall .Net Framework versi 4.6 keatas maka sebagian besar masalah pasti menjumpai error dengan keterangan yang singkat bahwa kita hanya perlu mendownload komponen update.

Sebenarnya hal itu terjadi karena dukungan .Net versi teratas akan berjalan bilang komponen d3dcompiler (directx sepertinya) mengalami update juga sampai versi terakhir (pada situs resminya memiliki versi dependensi yaitu file D3DCompiler_47.dll untuk yang terbaru). Maka kita tidak dapat menginstall .Net framework pada versi tersebut.

Jadi solusinya sebelum menginstall pastikan Cummulative Update KB4019990 terinstall pada OS kalian ya.

Bisa kalian download disini.

Lalu jalankan dan tidak terkendala masalah error 😃.

  • Mengatasi Error pada galat root security certificate

Setelah lancar dengan menginstall Kb update malah kita kadang dijumpai sama masalah yang satu ini. Setelah proses instalasi berjalan hampir sperempat tiba - tiba muncul notif tidak sukses yaitu :

"Installation Did Not Succeed.
.net framework 4.x has not been installed because:
A certificate chain could not be built to a trusted root authority."

Karena perangkat lunak versi baru dan dalam keadaan instalasi secara offline (standalone) maka sistem operasi yang kita miliki tidak memiliki sertifikasi security digital yang terbaru pada .Net Framework installer tersebut sehingga sistem tidak mengenali apakah software tersebut aman atau tidaknya untuk diinstall (verifikasi komponen).

Solusinya sih simple, kita cuma menyalakan sebentar koneksi internet kita (hubungkan pc / laptop ke internet sebentar) pada saat proses verifikasi komponen pada saat instalasi berlangsung sehingga kita tidak mengalami masalah tersebut kembali 😀.






#NB : D3DCompiler_47.dll dibutuhkan pada instalasi di beberapa seri driver vga tertentu (seperti contoh intel hd versi terbaru).



Punya keluhan error lain selain diatas dan Cara mengatasinya? Cantumkan dikolom komentar ya 😂


Sumber : Microsoft , TECH TRICKS


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »